Samsung Galaxy M20

Review Samsung Galaxy M20 Indonesia

Pada 14 Februari lalu, samsung baru saja merilis produk smartphone seri galaxy M terbarunya yaitu Samsung Galaxy M20 di Indonesia. Sebelumnya, smartphone ini sudah dirilis di India pada januari lalu sebelum akhirnya kini masuk ke Indonesia.

Produk ini merupakan saingan baru untuk smartphone kelas menengah dengan spesifikasi yang mumpuni.

Spesifikasi Samsung Galaxy M 20

Keluaran Galaxy M Series teranyar milik Samsung ini memiliki beberapa spesifikasi yang mampu bersaing dengan jenis smartphone baru lainnya. Berikut adalah spesifikasi dari Samsung Galaxy M 20 yang wajib Anda ketahui sebelum membelinya.

  1. Layar

Ponsel pintar dengan full layar sentuh ini memiliki ukuran layar display sebesar 160.0mm (6.3″ full rectangle) / 155.9mm (6.1″ rounded corners). Resolusi yang dimilikinya adalah Full HD+ dengan ukuran 2340 x 1080.

Tampilan Infinity-V dipilih untuk melengkapai layarnya yang luas dengan teknologi super AMOLED. Layar ini akan membuat Anda nyaman dalam menonton video, bermain game, hingga melakukan kegiatan multi-tasking.

  1. Baterai

Samsung Galaxy M20 memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh. Dengan ukuran sebesar ini, smartphone ini dapat memutar musik selama 101 jam, 29 jam waktu bicara, dan 17 jam memutar video.

Selain itu, smartphone ini memiliki kemampuan fast charging pada saat melakukan pengisian daya.

  1. Kamera

Dilengkapi dengan kamera depan sebesar 8 MP, Samsung Galaxy M20 tidak akan mengecewakan Anda yang gemar berswafoto. Bagi Anda yang hobi memotret pun demikian. Kamera belakang yang memiliki dual main camera sebesar 13MP dan 5 MP, akan menghasilkan foto yang bagus.

Beberapa fitur seperti blur effect hingga ultra-wide angle shot dapat Anda gunakan dengan memanfaatkan kamera utamanya.

  1. Media Penyimpanan dan Sistem OS

Dengan RAM sebesar 3 GB dan ROM 32 GB, serta media penyimpanan eksternal yang mencapai hingga 512 GB, samsung M 20 ini tidak akan berjalan lambat. Sistem operasi pun terbilang cukup mumpuni dengan menggunakan Android Oreo 8.1.

  1. Bodi dan Desain

Samsung Galaxy M 20 ini memiliki berat 186 gram dengan ukuran dimensi fisik 156.4 x 74.5 x 8.8. Terdapat tombol volume dan power di bagian sisi kanan ponsel serta port USB Type C, speaker dan ruang audiojack 3.5 mm untuk colokan earphone di bagian sisi bawah ponsel.

Smartphone ini dilengkapi dengan pemindai sidik jari di belakang ponsel bersama dengan kamera belakang dan flash, yang memudahkan pengguna untuk membuka kunci layar.

Pengguna juga ditawarkan dua pilihan warna yaitu charcoal black dan ocean blue.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M20

Setiap smartphone memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, baik dari segi fisik maupun kinerja smartphone tersebut. Begitupun dengan Samsung Galaxy M20 ini.

Layar yang luas dan performa yang lancar menjadi keunggulan dari ponsel ini yang memudahkan pengguna dalam bermain game maupun menonton video.

Ditambah lagi dengan ketahanan baterai yang memiliki kapasitas besar. Kualitas hasil potret dari kamera samsung ini juga tajam dan serupa hasil dslr.

Harga yang ditawarkan pada smartphone ini tergolong masuk kelas menengah, yakni berkisar 2,7 jutaan rupiah saja. Harga tersebut tidak termasuk mahal dan juga tak terlalu murah dengan kualitas dan kelebihan yang didapatkan.

Sayangnya, smartphone keluaran vendor korea ini tidak tahan terhadap air dan debu. Jadi Anda perlu berhati-hati ketika menggunakan ponsel ini. Selain itu, bodinya juga masih berbahan plastik (polikarbonat).

Sistem operasi terbaru saat ini adalah android pie yang sudah resmi digunakan oleh beberapa smartphone terbaru lainnya. Akan tetapi, pada Samsung Galaxy M 20 masih dilengkapi dengan android oreo. Hal ini akan memakan waktu dan ruang pada ponsel jika ingin meng-upgrade-nya menjadi android pie.

Samsung Galaxy M20 dapat menjadi pilihan baru bagi Anda yang ingin menukar smartphone lama. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda dapat menggunakan kecanggihan Samsung Galaxy M20 yang sebanding dengan fitur-fitur pada smarphone kelas atas.