presiden paling kontroversial

You Must Know, 6 Presiden Paling Kontroversial Di Dunia

Pada umumnya sebuah peristiwa dianggap kontroversial jika tidak diterima oleh banyak orang. Alasannya karena memiliki nilai-nilai yang bertentangan dengan kepercayaan dan budaya masyarakat.

Kita mungkin sudah sering melihat berita tentang artis kontroversial atau film kontroversial, tapi bagaimana dengan presiden kontroversial?

Presiden merupakan kepala negara yang yang sangat lekat dengan karakter berwiba, berkarisma dan tentunya bertanggung jawab. Tapi, nyatanya ada beberapa presiden yang memiliki sikap berbanding terbalik, bahkan keputusan yang diambilnya menyebabkan kontroversi hingga kancah dunia.

6 Presiden yang Dikenal Paling Kontroversial Di Dunia

Beda orang tentunya beda karakter. Dan sama seperti manusia pada umumnya, presiden pun memiliki visioner yang berbeda. Kita tidak bisa menyamaratakan satu presiden dengan presiden lainnya.

Berikut ini beberapa presiden paling kontraversial di dunia:

  1. Soeharto

Sosok ini merupakan presiden paling kontroversial. Tidak perlu melihat lebih jauh, contoh presiden yang penuh kontroversial pertama adalah presiden RI yang memimpin Indonesia hingga 32 tahun lamanya.

Pada masa pemerintahannya ada banyak perubahan yang terjadi. Salah satunya adalah pembubaran dan pemusnahan PKI. Selain meniadakan PKI, Soeharto turut membabat habis semua aktivis dan masyarat yang tidak berpihak pada kebijakannya.

Selain di culik, beberapa dimasukkan ke penjara terutama mereka yang terindikasi menjadi bagian dari PKI.

Pada akhirnya, pemerintahan Soeharto harus terhenti ketika suara masyarakat melalui gerakan mahasiswa meminta Soeharto untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

  1. Benito Mussolini

Nama tokoh ini mungkin tidak asing bagi beberapa orang. Benito Mussolini merupakan pendiri dari paham fasisme di Italia. Paham fasisme mungkin tidak akan ditentang banyak orang jika tidak merugikan.

Tapi dalam prakteknya, program yang dijalankan Mussolini justru membawa banyak penderitaan bagi masyarakat terutama kelompok sosialis dan liga petani.

  1. Mustafa Kemal Ataturk

Ataturk, sebagai salah satu presiden paling kontroversial, dipilih sebagai presiden Kesultanan Usbani pada tahun 1923. Beberapa saat ketika dia berhasil terpilih, Ataturk langsung membentuk rezim partai tunggal.

Di pundak pimpinannya, Kesultanan Usbani telah melalui berbagai hal termasuk merasakan rezim kemalisme. Keputusannya inipun menjadi salah satu topik yang hangat diperbincangkan.

Baca juga : Inilah 5 Jenis Game Poker Online Terbaik yang Harus Dicoba

  1. Joseph Stalin

Alih-alih membuat bangsa merasa nyaman dan jauh dari penderitaan, pemerintahan Stalin yang menerapkan teror politik besar-besaran justru membuat rakyat sangat menderita.

Hal ini kabarnya dipengaruhi oleh kebiasaan Stalin melahap buku-buku terlarang sehingga membuatnya menjadi sangat mencintai ajaran Marxisme Rusia. Tidak heran jika pada pemerintahannya, banyak orang yang harus dideportasi menuju kamp kerja paksa bahkan beberapa milter diberitakan hilang secara misterius.

  1. Ayatollah Khomeini

Khomeini didapuk sebagai pimpinan tertinggi dan imam Iran pada tahun 1979. Merupakan tokoh politik yang sangat menentang Barat. Karena hal itu, negara-negara barat menganggap Khomeini sebagai pemimpin pendendam. Namun, di berbagai negara muslim citranya sangat baik bahkan dia merupakan tokoh politik yang sangat disukai.

Selain dikenal anti barat, Khomeini bahkan menggagas kampanye ekspor revolusi. Yang bagi beberapa pihak dinilai sebagai penyebab tidak langsung perang 8 tahun yang terjadi antara Iran dan Irak.

  1. Saddam Hussein

Namanya menjadi sangat kontroversial ketika dia menjadi salah satu tokoh penting dan berpengaruh dalam perang Teluk. Karakter Hussein sebenarnya hampir mirip dengan Khomeini yang sangat anti Barat, bahkan dia pula anti Amerika.

Kondisi tersebut tentunya membawa banyak pro dan kontra. Pro dari berbagai negara arab dan kontra yang datangnya dari negara-negara barat termasuk Amerika. Tidak heran jika Hussein menjadi salah satu tokoh pemimpin paling kontroversial yang hingga saat ini masih dikenang.

Dengan mengetahui informasi seputar pemimpin atau presiden paling berpengaruh dan kontroversial di atas, diharapkan mata kita jadi lebih terbuka. Sehingga, meskipun tidak tahu tentang politik, setidaknya kita masih memiliki sedikit pengetahuan tentang para pemimpin yang ada di berbagai negara.